Menikmati Perjalanan di dalam Transportasi Umum

Melakukan aktivitas traveling sulit rasanya lepas dari transportasi umum. Entah itu perjalanan main, kerja, sekolah, mudik dll, dsb. Memang bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil pribadi. Dulu saya langganan bus, sampai dapet bonus gratis berkali – kali (maklum sering mudik). Saya untuk saat ini lebih memilih menggunakan kereta api daripadaย bus, karena alasan ketepatan waktu. Namanya anak sekolah, kereta pun pilih yang bisnis harga termurah. Diusahakan pesan tiketnya jauh – jauh hari supaya dapet yang murah. Pengalaman pernah dapet promo exekutif yang harusnya harga 350.000-an lebih, cuma kena 100.000.

Sebuah perjalanan adalah kegiatan yang membunuh waktu. Oleh karenanya, kita pun hendaknya mengisinya dengan sesuatu agar tidak terbuang sia – sia dan tidak terasa membosankan. Bisa ngobrol, baca buku, ngaji (buat yang muslim), belajar atau ngerjain tugas dan PR. Hahaha

Pengalaman – pengalaman yang akan di dapat ketika melakukan perjalanan menggunakan transportasi umum:

Teman/Kenalan Baru

Menggunakan transportasi umum kita pasti akan berinteraksi dengan orang banyak. Meskipun kita menggunakan sarana transportasi yang sama, kita akan bertemu dengan orang yang berbeda – beda. Dari kenalan baru tersebut, kita dapat memperbanyak jaringan pertemanan. Berbagai latar belakang manusia akan kita temui, dari bayi cenger sampai kakek – kakek dan nenek – nenek sepuh. Dan yang paling seru, siapa tahu bisa ketemu jodoh (ngarep ๐Ÿ˜€ ).

Berbagi Pengalaman Sampai CurCol

Di kereta, bus atau pesawat kita bisa sharing informasi apapun dengan teman seperjalanan yang kita temui.ย Bisa pengalaman liburan, pendakian, pendidikan, bisnis, sekolah, kehidupan, dll. Pertanyaan awal yang sering adalah, mas mau kemana? kuliah? kerja? kok sendiri, gak sama pasangannya? #jlebjlebjleb #sakitnyatuhdimananmana ๐Ÿ˜ฆ . Kadang di perjalanan ketemu sama dosen, aduh malunya berlipat kalo ketemu beliau (hayooo ada mahasiswa bandel yang telat lulus :D). Apalagi kalo malah ketemu dosen pembimbing, bisa bimbingan on the road :D. Ketemu orang yang mau naik gunung, bisa sharing pengalaman mereka, udah gunung mana saja yang didaki, pengalaman dan bagaimana menuju ke sana dapat secara gamblang kita dapatkan informasinya. Berbagi kontak a.k.a nocan (yang jomblo pasti seneng, ngaku! ๐Ÿ˜€ ). Bahkan, ketemu orang yang ternyata masih ada hubungan saudara, amazing!!

Belajar Caraย Melakukan Perjalanan

Mungkin ada yang beranggapan bahwa traveling itu mudah, tinggal bawa baju ganti masuk tas, uang, tiket udah cuusss. Buat yang udah berpengalaman, iya mudah. Lha buat yang first timer (basa jawa kawi-red ๐Ÿ˜€ ). Nahย menurut saya, melakukan perjalanan itu perlu beberapa persiapan. Jangan sampai berlebihan, seperti bawa kasur, bantal, guling sama lemari, huahuahua ๐Ÿ˜€ . Pertama, cari tiket, kalau saya cari yang termurah untuk masa waktu tempuh yang sama. Dapet yang murah, usahakan cari yang tempatnya agak nyaman, jangan yang deket kamar mandi, baunya gak nahan. Kedua, perkirakan berapa lama kita akan menetap di tujuan. Sesuaikan lamanya dengan baju yang kita bawa. Bawa baju yang ringan, mudah di packing dengan jumlah yang cukup. Untuk travelling saya tidak menyukai jeans, saya lebih memilih memakai bahan yang cepat kering dan enteng. Jangan lupa bawa jaket. Ketiga, obat pribadi, semacam antimabuk, antiangin, paracetamol, minyak angin, dan obat alergi. Keempat, gadget dan peripheral yang dibutuhkan saja yang dibawa. Cukup smartphone kamu, charger+kabe data, USB OTG dan kamera(kalau perlu). Gak perlu bawa laptop untuk naik gunung, hehehe, riskan rusak bahkan hilang. Buat tambahan, bawa makanan dari luar terminal, stasiun atau bandara karena harganya jauh lebih murah. Beli makan di dalam kereta atau pesawat juga mahal. Kalau saya memilih buat beli diluar.

Bisa Nolong Orang, Dapet Pahala

Mungkin kita tanpa sengaja udah nolongin orang ketika di perjalanan. Kita memberikan informasi yang kita tahu kepada orang yang kita temui. Berbagi makanan, snack atau minuman. Kita tidak hanya mendapat sesuatu dari orang lain, tapi kita juga bisa membagi apa yang kita punya.

Mungkin lebih banyak lagi pengalaman lain yang asik dan tak terduga dari temen – temen. Tetep jaga keselamatan dan kebersihan!

#KeepTravellingAroundUs

credit to monitive.com

Advertisements

2 thoughts on “Menikmati Perjalanan di dalam Transportasi Umum

  1. “Dan yang paling seru, siapa tahu bisa ketemu jodoh (ngarep ๐Ÿ˜€ )”
    dari pengalaman2 yg diuraikan diatas, keliatan banget klo lebih menekankan ke tiga kalimat yg di bold. cukup tau ๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s