Safari ke Taman Nasional Baluran – Little Africa in Java

DSC03092-copy

Ada afrika di pulau jawa. Yap salah satu taman nasional di Jawa Timur ini seperti padang savana di afrika. Taman Nasional Baluran terletak di ujung timur Pulau Jawa. Gerbang masuknya berada di Jalan Raya Situbondo – Banyuwangi KM 35. Untuk info lebih jelas bisa akses webnya disini atau Facebook. Taman Nasional ini buka dari pukul 07.00 s/d 16.00. Buat yang datengnya malem ya terpaksa nunggu dulu sampai pukul 7 pagi :D. Untuk menuju ke TNB kalau dari Surabaya atau Malang bisa ditempuh sekitar 6-7 jam.

TNB (Taman Nasional Baluran) adalah tempat hidup beraneka satwa langka. Beraneka burung, ayam alas, rusa, banteng, burung merak, monyet, ajag (anjing liar), macan tutul dan masih banyak lagi yang satwa – satwa lain. Banteng adalah satwa khas taman nasional ini. Sebenarnya tidak hanya padang savana saja disini, ada hutan yang disebut Evergreen Forest, pantai Bama, hutan mangrove dan ada beberapa spot tempat lain yang sangat bagus.

Savana Bekol

IMG_20160506_073841_AO_HDR-copy
Gajah mati meninggalkan gading, Harimau mati meninggalkan belang, Banteng mati meninggalkan tanduk dan tengkorak kepalanya

Bekol adalah padang savana yang sangat luas. Ketika musim kemarau savana ini akan mengering sehingga menjadi berwarna kuning. Kesannya menjadi gersang layaknya di alam liar Afrika. Kemarin pas kesini pas banget di waktu pengahabisan musim penghujan di bulan Mei sehingga padang savananya masih berwarna hijau. Kalau mau nge-camp disini sepertinya agak berbahaya, karena banyak hewan liar berkeliaran. Oleh karenanya, di sini juga tersedia peginapan.

DSC_0041-copy
Wow! Ada rombongan Rusa 😀

Pantai Bama

DSC_0050-copy
Maksud hati ingin foto sendiri, apa daya ada yang ngikut

Tak jauh dari savana Bekol, dengan menyusuri jalan kita akan digiring menuju Pantai Bama. Ombak pantainya cukup tenang, bisa main air disini. Banyak monyet liar yang berkeliaran. Jadi, hati – hati ya, jangan sampai monyetnya masuk mobil :D.

DSC03123
Tetap jaga diri ya, gak usah nyemplung, biar pantainya gak jadi lautan kenangan 😀

Hutan Mangrove

IMG_20160506_093905_AO_HDR-copy
Tracking mangrove

Hutan mangrove ini terletak di Pantai Bama. Ketika kita sampai di Pantai Bama akan ada Jalur tracking menuju Mangrove. Hutannya cukup lebat dan rindang. Kita akan melihat banyak ikan di sela – sela akar mangrove.

IMG_20160506_095436_AO_HDR-copy
Jaga terus kelestarian mangrove kita, di sini tempat hidup banyak satwa darat air dan udara.

Berlibur ke TNB ini sangat menyenangkan. Tempatnya masih alami dan terhitung cukup bersih, tidak banyak sampah berserakan. Sebenarnya masih banyak yang bisa di explore lagi di TNB ini. Beberapa jam saja rasanya gak cukup. Kalo bisa ya seharian, bahkan lebih :D. Biar gak cuma foto savana aja, tapi juga ngeliat dan ngamatin langsung satwa – satwanya.

Saran juga buat pengelola, harap jalannya diperbaiki, diperhalus dan dipernyaman. Yang gak tahan jalanan “nggronjal” bisa mabok Pak, hahaha :D.

#KeepTravelingAroundUs

Advertisements

3 thoughts on “Safari ke Taman Nasional Baluran – Little Africa in Java

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s