Blue Fire Ijen – Sebuah Fenomena Dunia

DSC_0072_

Pada suatu hari ada seorang lelaki, bersama kesembilan temannya melakukan perjalanan menuju sebuah gunung di timur pulau Jawa. Perjalanan darat menyusur jalur tengah dan utara pun dilalui. Lebih dari 12 jam waktu terlewat. Karena bulatnya tekat, rela mereka berpeluh keringat. Meski berat, mereka rela untuk merapat. Meskipun jauh, rela mereka menempuh. Untuk satu tujuan, Blue Fire Ijen.

Jeeng jeeennngg!!

Serius amat intronya, kayak cerita kera sakti menyerang negara api >>>> apaaa laaagii???

Sebenarnya trip ini masih kelanjutan dari Baluran. Perjalanan dari Baluran dapat ditempuh sekitar 3 jam perjalanan naik mobil. Di perjalanan kita akan melewati pelabuhan Ketapang. Mau nyebrang ke Bali dulu? boleh – boleh, ane duluan ya gan. Haha.

DSC_0070_
Fenomena Blue Fire

Blue fire adalah sebuah fenomena alam yang sangat langka. Blue fire disini bukanย ceritaย kompor si api biru lho yaย hahaha :D. Konon cuma ada dua di dunia, yaitu di Islandia dan Indonesia. Lokasi fenomena Blue Fire ini berada di kawah Gunung Ijen. Jadi, untuk menujunya kita harus mendaki Gunung Ijen terlebih dahulu, setelah sampai di puncak kita akan turun menuju kawah Ijen. Gunung Ijen memiliki ketinggian 2.443 mdpl dan tercatat statusnya sebagai gunung berapi yang masih aktif. Ada yang bilang kalau di Ijen suhunya bisa sangat dingin, bahkan minus. Tapi syukurnya pas kemarin di sini, suhunya gak terlalu dingin, jadi bisa tidur lelap sebelum pendakian ๐Ÿ˜€

IMG_20160507_060007_AO_HDR_
Suasana kawah ketika matahari sudah agak tinggi.

Untuk memulai pendakian, kita akan memulainya dari Pos Paltuding. Paltuding adalah pintu gerbang pendakian kita. Disini kita registrasi dulu, wajib ya. Sekedar informasi, pendakian baru dibuka pukul 01.00 s/d 13.00. Fenomena Blue fire ini hanya bisa dinikmati ketika cuaca cerah (tidak berkabut) dan ketika masih gelap. Idealnya sekitar pukul 03.00 s/d 04.00. Umumnya wisatawan ngecamp dulu di Paltuding ini, kemudian pukul 01.00 baru mulai naik. Tempat campnya luas, ada toilet meski cuma 3 bilik, penginapan, dan warung โ€“ warung makanan, penjual pakaian dan souvenir.

IMG_20160507_060832_AO_HDR_
Riuh ramai pengunjung di musim liburan. Penambangan belerang tetap berjalan seperti biasa. Diambil dari kawah dan dipikul sampai bawah, dengan keranjang yang jauh dari kata mewah.

Gunung Ijen ini selalu ramai saat akhir pekan, apalagi pas long weekend seperti pas saya kesini. Riuh ramai pengunjung. Pas mau turun ke kawah aja sampai antri, karena gerbangnya cuma muat masuk satu per satu, baik naik maupun turun.

Buat saya pribadi yang pendaki pemula, treknya tidak sulit. Jalurnya tanah, tidak ada batu โ€“ batu atau pasir. Kalau pas musim kemarau kayaknya bakal berdebu banget. Baru ketika sudah sampai di puncak, pas mau turun ke kawah medannya ada batu-batu di jalur treknya. Gak heran dong kenapa bisa ramai banget. Trekkingnya mudah dan ย gak perlu waktu lama (cuma sekitar 2-3 jam) untukย sampai di Blue Fire).

Namanya naik gunung ya pasti jalannya nanjak, naik dan turun, sudah normal itu. Hehehe. Buat yang gak kuat naik atau capek turun, tenang, disini ada jasa naik troli. Biayanya berapa? Tanya aja sendiri sama yang nyewain, ane gak nyewain gan,ย hahaha :D.

IMG_20160507_062131_AO_HDR_
Penambag dan penjual souvenir belerang

Kawah Ijen adalah memiliki kandungan belerang yang tinggi. Tak heran jika disini sebenarnya adalah lokasi penambangan belerang. Penambang ini juga menjual belerang untuk pengunjung sebagai souvenir Ijen. Salut buat para penambang, mereka tidak pakai masker tapi bisa kuat nahan bau belerang yang menyengat. Selain itu beban belerang yang di tambang dan dibawa turun juga sangat berat. Salut Pak sama sampean!

Blue Fire Ijen adalah fenomena alam kelas dunia. Pemandangannya bagus, di sepanjang jalur pendakian terhitung bersih tanpa sampah berserakan kemana โ€“ mana. Buat yang gak kuat bau belerang, ada baiknya nyiapin masker khusus dan oksigen.

#KeepTravelingAroundUs

Advertisements

4 thoughts on “Blue Fire Ijen – Sebuah Fenomena Dunia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s