Pendakian (Kapok) Gunung Merbabu via Wekas

IMG_20170523_065551_AO_HDR__small

Sebelum puasa Ramadhan pokoknya harus “ndaki” dulu.

Yap, begitulah keinginan saya sebelum Ramadhan kemarin. Pengen naik gunung walaupun sekali sebelum Ramadhan. Pilih yang deket – deket aja sama rumah. Gn. Merapi atau Merbabu. Akhirnya jatohlah pilihan ke Gn. Merbabu.

Pendakian Gn. Merbabu ada beberapa pintu masuk, yaitu Selo, Thekelan atau Wekas. Kali ini saya pilih pendakian via Wekas, yang konon katanya lebih cepat daripada via Selo. Pintu Wekas dapat dituju dengan patokan masuk Salatiga, trus ambil jalur kearah Kopeng. Nanti naik lagi beberapa kilometer sampai kiri jalan ada Gapura pintu pendakian Wekas. Kita akan memasuki resort Wekas, kemudian naik lagi kearah perkampungan. Di perkampungan terakhir di situlah Basecamp berada. Oiya, ada banyak rumah warga yang jadi basecamp :D. Untuk mencapai puncak, ada tiga pos utama dan beberapa pos bayangan.

Hari Pertama

Hari pertama pendakian saya adalah hari Senin. Saangat sepi, banyak yang turun sedikit yang naik. Saya mulai naik pukul 13.30 WIB. Baru juga mulai udah nanjak aja treknya, “Harap bersabar, ini ujian”. Di ujung jalan kampung kita akan melewati makam (lupa namanya). Cukuplah bikin bulu kuduk merinding. Hahaha. Nanjak, naik, nanjak lagi, naik lagi, lagi dan lagi. Hampir tanpa bonus, jadi siapin dengkul kalian 😀

Sekitar 4 jam perjalanan, pukul 17.30 WIB sampailah di Pos 2. Pos 2 adalah camp area yang sangat luas. Paling nyaman camp disini. Ada sumber airnya. Banyak monyet, hati hati naroh makanan/sampah kalian. Istirahat sebentar, diriin tenda, masukin barang-barang, masak, bikin minum & tidur.

Hari Kedua

Ada dua puncak di Gn. Merbabu ini. Puncak Syarif dan Kentheng Songo. Untuk sampai ke puncak, dari Pos 2 ini butuh waktu sekitar 4 jam, dengan medan yang bikin nelen ludah, 99% nanjak 1 % bonus. Rencana mau bangun pukul 01.00, tapi apa boleh buat (semua berubah ketika negara api menyerang :D). Karena tetangga sebelah berisiknya minta DITAMPOL, gak bisa tidur, akhirnya baru bisa tidur larut dan bangunnya molor pukul 02.30. Buru-buru siapin perbekalan makan dan minum untuk summit attack. Perjalanan berat dan jauh kawan :D.

Baru buka tenda, dinginnya udah menusuk tulang. Dingin banget. Segera bergerak biar badan anget. Dipaksa seperti apa, gak akan bisa dapet sunrise di puncak.

IMG_20170523_055658_AO_HDR_small
Dapet sunrise di tengah perjalanan menuju puncak. Gak jadi masalah.

Sebelum sampai puncak kita akan melewati tebing (Triangulasi), yg cara lewatnya kita harus merayap di dinding.

IMG_20170523_054628_AO_HDR_small
Matahari belum tinggi, sunrisenya bagus

Akhirnya pukul 06.30 sampailah di puncak Kentheng Songo dengan ketinggian 3142 mdpl. Alhamdulillah.

IMG_20170523_065716_AO_HDR_small
Puncak Kentheng Songo

Matahari udah mulai hangat, tapi puncak masih dingin.

IMG_20170523_071514_AO_HDR___
View Gn. Merapi dari puncak Kentheng Songo

Tak lama di puncak, perut udah keroncongan. Gak tahan sama dinginnya juga. Akhirnya pukul 08.00 turun dan sampai di POS 2 pukul 10.30. Istirahat sebentar, masak, bikin minum, ngerubuhin tenda, masukin barang-barang & turun kembali menuju basecamp.

Kesan saya dari pendakian kali ini adalah jalur Wekas ini masih lumayan bersih. Jalur trekkingnya ampun ampunan, 99% nanjak 1 % bonus. Turun gunungnya pun gak kalah menyiksa, rasanya maknyos di dengkul, betis dan paha. Abis mendaki ini, 3 hari baru sembuh pegel pegelnya :D. Buat pemula sepertinya lebih aman naik dari Selo. Meski waktunya lebih lama, setidaknya jalurnya lebih bersahabat sama kaki.

#KeepTravelingArroundUs

Advertisements

One thought on “Pendakian (Kapok) Gunung Merbabu via Wekas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s